PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBANTUAN KODULAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII MATERI PELUANG

Yasa, I Gusti Komang Sudarmadi (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBANTUAN KODULAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011085-COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011085-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011085-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011085-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011085-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika pemahaman konsep merupakan salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya untuk dapat memahami suatu pengetahuan baru. Upaya dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat dilakukan dengan mengembangkan suatu media pembelajaran yang menyenangkan berupa game edukasi sebagai perangkat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan karakteristik game edukasi matematika. (2) mengetahui tingkat validitas, efektifitas dan kepraktisan game edukasi matematika. (3) mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikan game edukasi matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Negara kelas XII MIPA 5. Game edukasi matematika dikembangkan dalam bentuk aplikasi yang didalamnya memuat materi dan game yang terdiri dari 3 misi dan untuk melanjutkan misi yang lebih tinggi perlu menyelesaikan misi sebelumnya. Berdasarkan penilaian ahli, game edukasi matematika telah dinyatakan valid dengan rata-rata perolehan skor sebesar 4.9, efektif dengan skor sebesar 0.72 dan praktis dengan rata-rata skor sebesar 6.63. Dengan demikian, disimpulkan bahwa game edukasi matematika yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis serta mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Kodular
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I GUSTI KOMANG SUDARMADI YASA
Date Deposited: 12 Jun 2024 05:36
Last Modified: 12 Jun 2024 05:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item