Widiyanti, Ni Kadek Dwi (2024) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN E-MODUL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA NEGERI 1 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011009-COVER.pdf Download (641kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011009-ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011009-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki materi beragam yang akan bermanfaat untuk memecahkan permasalahan kontekstual namun mayoritas siswa kurang memahami materi pada mata pelajaran matematika yang mengakibatkan hasil belajar matematika siswa pada materi transfromasi geometri rendah. Terdapat faktor yang berpengaruh pada hasil belajar, seperti beragamnya gaya belajar siswa dalam menyerap informasi sehingga diperlukan implementasi model dan bahan ajar yang dapat menjangkau serta memfasilitasi hal tersebut, contohnya model flipped classroom berbantuan e-modul. Tujuan dilaksanakannya kajian ini ialah meneliti perbedaan efektivitas model flipped classroom berbantuan e-modul dan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi geometri di SMA Negeri 1 Gianyar. Jenis penelitian ini yakni kuasi eksperimen yang mana digunakan rancangan penelitian Posttest-Only Design with Nonequvalent Groups, populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gianyar sedangkan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga menghasilkan dua kelompok yaitu kelas XI B7 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI B6 sebagai kelas eksperimen 2. Diteliti melalui instrumen berupa tes objektif. Skor yang diperoleh siswa setelah mengerjakan tes akan menjadi hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi geometri. Data hasil posttest yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% yang menunjukkan mengakibatkan menolak H0 yang berarti menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi geometri yang mengikuti pembelajaran model Flipped Classroom berbantuan e-modul dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di SMA Negeri 1 Gianyar. Jadi, model flipped classroom berbantuan e-modul lebih baik daripada model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi geometri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tranformasi geometri, hasil belajar siswa, model flipped calassroom berbantuan e-modul, model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Widiyanti |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 05:10 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 05:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19978 |
Actions (login required)
View Item |