Nuraini, Lilis (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WEBGIS INARISK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014031005-COVER.pdf Download (411kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014031005-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031005-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014031005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan Berpikir Spasial penting dikembangkan dalam pembelajaran geografi untuk membekali siswa kemampuan dalam memahami dan memecahkan masalah hubungan spasial antar-objek di permukaan bumi, namun model pembelajaran yang diterapkan belum mendukung pengembangan keterampilan spasial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Webgis Inarisk terhadap Keterampilan Berpikir Spasial siswa di Sekolah Menengah Atas. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Singaraja. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas E sebagai kelas kontrol dan kelas G sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random setelah terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan kelas. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan tes, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan: (1) Penerapan model PBL berbantuan media Webgis Inarisk dalam pembelajaran Geografi di SMA untuk materi Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan dalam kriteria sangat baik (92.29), (2) Keterampilan Berpikir Spasial siswa setelah diterapkan model PBL berbantuan media Webgis Inarisk dalam pembelajaran Geografi di SMA untuk materi Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan mengalami peningkatan dari rata-rata nilai 71.17 menjadi 80.13 atau meningkat sebesar 12.59%, dan (3) Model PBL berbantuan media Webgis Inarisk berpengaruh secara signifikan terhadap Keterampilan Berpikir Spasial siswa dalam pembelajaran Geografi di SMA untuk materi Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan (0,000 < 0,005). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan para pengambil kebijakan dan guru geografi mempromosikan model Problem Based Learning berbantuan media Webgis Inarisk dan media geografi berbasis digital lainnya untuk mengembangkan keterampilan spasial siswa. Kata Kunci : PBL berbantuan Webgis Inarisk, Berfikis spasial, Pembelajaran Geografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL berbantuan Webgis Inarisk, Berpikir spasial, Pembelajaran Geografi, |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Lilis Nuraini |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 08:27 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20470 |
Actions (login required)
View Item |