Susanti, Ni Putu Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBANTUAN SPINNING GAME MUATAN IPAS MATERI WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031142-COVER.pdf Download (589kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031142-ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031142-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031142-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031142-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031142-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031142-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031142-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031142-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Studi pengembangan yang dilaksanakan mempunyai tiga tujuan, yakni: (1) menghasilkan rancangan media PowerPoint Berbantuan Spinning Game (2) menganalisis validitas dan respon guru terhadap media PowerPoint Berbantuan Spinning Game, dan (3) menganalisis efektivitas media PowerPoint Berbantuan Spinning Game terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SD. Studi pengembangan ini mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari lima langkah, termasuk: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini fokus pada penggunaan media PowerPoint Berbantuan Spinning Game, dengan tujuan mengevaluasi validitas isi materi, respon dari guru, dan efektivitas media tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket/kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket/kuesioner. Analisis data mencakup analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Validitas isi media dan materi dievaluasi menggunakan rumus Aiken, sementara respon dari guru dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Efektivitas media dievaluasi menggunakan Uji T berkorelasi dengan bantuan aplikasi SPSS. Keputusan diperoleh berdasarkan nilai signifikansi (2-tailed), di mana nilai < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penerapan media, sementara nilai > 0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan. Hasil studi menunjukkan bahwa: (1) media PowerPoint yang dilengkapi dengan Spinning Game menunjukkan tingkat validitas yang tinggi sebesar 0,92 untuk validitas isi, (2) konten yang disajikan dalam media PowerPoint tersebut memiliki validitas isi sebesar 0,94, (3) respon positif guru terhadap media ini mencapai 100% dengan penilaian sangat baik, dan (3) hasil uji-t berkorelasi menunjukkan signifikansi yang sangat tinggi (skor 0,000, p < 0,05), menegaskan bahwa media PowerPoint Berbantuan Spinning Game efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Media PowerPoint Berbantuan Spinning Game |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Susanti |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20621 |
Actions (login required)
View Item |