Fitriyah, Siti Aminatul (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY PROBLEM BASED LEARNING (CIPBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041010-COVER.pdf Download (958kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041010-ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (386kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041010-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Collaborative Inquiry Problem Based Learning (CIPBL) dan strategi konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan non equivalent control group posttest-only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Umum di MAN Karangasem yang tidak dipilih secara acak. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI Umum di MAN Karangasem yang dipilih melalui teknik undian, di mana kelas XI Umum 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas XI Umum 2 menjadi kelas kontrol. Metode penelitian meliputi tes uraian dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif menggambarkan peningkatan keterampilan proses sains dan efektivitas CIPBL, serta menggunakan analisis statistik untuk menguji hipotesis perbedaan keterampilan proses sains antara kedua strategi tersebut. Hasil analisis menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan rata-rata total 87,278 (sangat baik) dan nilai Indeks Efektivitas (IE) 100% dalam kategori sangat baik. Uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan signifikan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan strategi CIPBL dan strategi konvensional. Hasil uji t yang digunakan adalah asumsi varian homogen, menghasilkan t hitung = -6,452 dengan signifikansi 0,0001 (lebih kecil dari 0,0001). Kesimpulannya, keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan strategi CIPBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan strategi konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative inquiry problem based learning (CIPBL), efektivitas pembelajaran, keterampilan proses sains, konvensional, pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Siti Aminatul Fitriyah |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 10:29 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 10:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20795 |
Actions (login required)
View Item |