Rama Widyatnyana, Kadek (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011077-COVER.pdf Download (965kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011077-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011077-BAB 3 METODELGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011077-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis etnomatematika guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. E-modul yang dikembangkan menggali kearifan lokal dalam menanamkan konsep-konsep matematika, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan menarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. E-modul interaktif ini dikembangkan dengan bantuan aplikasi iSpring yang terintegrasi dengan PowerPoint. Hasil dari penilaian ahli media mencapai angka 4,75 dan ahli materi mencapai angka 4,95 dengan kriteria kevalidan sangat tinggi. Uji coba e-modul interaktif yang dikembangkan melibatkan 35 siswa kelas VIII. Hasil skor kepraktisan dari guru dan siswa dengan metode UEQ (User Experience Questionnaire) memperoleh hasil pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi berkategori unggul kemudian pada aspek kebaruan berkategori baik. Kemudian efektivitas yang terlihat saat uji coba adalah peningkatan signifikan dalam hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah menggunakan e-modul interaktif yang memenuhi kriteria sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Interaktif, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, iSpring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Rama Widyatnyana |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 00:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20832 |
Actions (login required)
View Item |