Putri, Ni Putu Eka Nanda Damayanti (2024) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041012-COVER.pdf Download (927kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041012-ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041012-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan E-Modul dalam meningkatkan HOTS siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 1 Singaraja yang dipilih secara undian. Dari hasil undian terpilih kelas X-H sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan Problem Based Learning berbantuan E-Modul dan kelas X-I sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran dengan Problem Based Learning tanpa bantuan E-Modul. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini, menggunakan tes uraian dalam bentuk wacana. Data dianalisis dengan menggunaan Indeks Efektivitas (IE) untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan E-Modul dalam meningkatkan HOTS siswa. Hasil analisi data menunjukkan nilai Indeks Efektivitas (IE) yaitu 100% dengan kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai ZHitung > Z0,05 (2,327 > 1,645). Hal ini berarti efektivitas implementasi Problem Based Learning berbantuan E-Modul pada materi pencemaran lingkungan lebih baik dalam meningkatkan HOTS siswa dibandingkan dengan menggunakan Problem Based Learning tanpa bantuan E-Modul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, E-Modul, PBL, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eka Nanda Damayanti Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20928 |
Actions (login required)
View Item |