EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Putri, Ni Putu Eka Nanda Damayanti (2024) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041012-COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041012-ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041012-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan E-Modul dalam meningkatkan HOTS siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 1 Singaraja yang dipilih secara undian. Dari hasil undian terpilih kelas X-H sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan Problem Based Learning berbantuan E-Modul dan kelas X-I sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran dengan Problem Based Learning tanpa bantuan E-Modul. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini, menggunakan tes uraian dalam bentuk wacana. Data dianalisis dengan menggunaan Indeks Efektivitas (IE) untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan E-Modul dalam meningkatkan HOTS siswa. Hasil analisi data menunjukkan nilai Indeks Efektivitas (IE) yaitu 100% dengan kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai ZHitung > Z0,05 (2,327 > 1,645). Hal ini berarti efektivitas implementasi Problem Based Learning berbantuan E-Modul pada materi pencemaran lingkungan lebih baik dalam meningkatkan HOTS siswa dibandingkan dengan menggunakan Problem Based Learning tanpa bantuan E-Modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-Modul, PBL, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Putu Eka Nanda Damayanti Putri
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:13
Last Modified: 23 Jul 2024 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20928

Actions (login required)

View Item View Item