DEVELOPING WORDWALL BASED DIGITAL MEDIA FOR TEACHING VOCABULARY IN THE BOOK MY NEXT WORD FOR 4TH GRADE 2ND SEMESTER STUDENTS AT SD NEGERI 1 BAKTISERAGA SINGARAJA.

Yogi Pratama Wedananta, I Komang (2024) DEVELOPING WORDWALL BASED DIGITAL MEDIA FOR TEACHING VOCABULARY IN THE BOOK MY NEXT WORD FOR 4TH GRADE 2ND SEMESTER STUDENTS AT SD NEGERI 1 BAKTISERAGA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021228-COVER.pdf

Download (922kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021228-ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021228-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia, kurikulum pendidikan mengalami banyak perubahan, yang terbaru adalah Kurikulum Merdeka. Kosakata merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kosakata berbasis Wordwall dengan menggunakan buku “My Next Words” di SD Negeri 1 Baktiseraga untuk siswa kelas empat semester dua. Penelitian ini melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru bahasa Inggris, dan analisis kurikulum dan kebutuhan siswa. Pada tahap perencanaan, desain permainan Wordwall difokuskan pada tujuan pembelajaran kosakata yang selaras dengan buku “My Next Words”. Pengembangan meliputi pembuatan permainan Wordwall, pemilihan template, jenis permainan, dan pengintegrasian fitur-fitur interaktif. Setelah pengembangan, produk Wordwall dievaluasi dan disetujui oleh ahli pendidikan dan teknologi, kemudian diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas empat di SD Negeri 1 Baktiseraga. Evaluasi menilai efektivitas Wordwall dalam meningkatkan pemahaman kosakata siswa, dengan para ahli meninjau kualitas materi pembelajaran, pengalaman pengguna, dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa Wordwall efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan memotivasi siswa. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Media interaktif, Wordwall, Kosakata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Media interaktif, Wordwall, Kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I KOMANG YOGI PRATAMA WEDANANTA
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:48
Last Modified: 24 Jul 2024 00:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item