ETNOKIMIA BAHAN LOLOH MENURUT LONTAR USADA TARU PRAMANA DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMK FARMASI

Yogiswara, I Gede (2024) ETNOKIMIA BAHAN LOLOH MENURUT LONTAR USADA TARU PRAMANA DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMK FARMASI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013031012-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013031012-ABSTRAK.pdf

Download (999kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013031012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis tanaman, manfaat, dan kandungan kimia bahan loloh menurut lontar Usada Taru Pramana serta pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran kimia di SMK Farmasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah transkrip lontar Usada Taru Pramana, praktisi herbal, buku dan jurnal ilmiah, dan silabus SMK Farmasi. Objek penelitiannya adalah pengetahuan tentang jenis tanaman obat yang dapat digunakan sebagai bahan loloh, kandungan kimia beserta pemanfaatannya, dan kompetensi dalam pembelajaran kimia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima puluh jenis tanaman obat yang dapat digunakan sebagai bahan loloh yang meliputi awar-awar, embacang, pulosari, pulai, asparagus, sembung, pohon melati India, pohon randu, beligo, mentimun, kemarungan, gadung kasturi, jarak kliki, daun katuk, dapdap, gayam, kacang kara manis, kayu birik, pohon akasia, pohon turi, sidaguri, kembang sepatu, belimbing manis, belimbing wuluh, delima, cempaka bulus, limau, pandan wangi, cabai jawa, cendana, blighia sapida, tinggulun, kacang kenari, bunga miana, kecapi, pakis sayur, binahong, sawi tanah, nanas, sirih, kenanga, basa, kecubung, krasi, gaharu, pepe, piling, pisang lumut, bungur, dan ubi karet. Kandungan kimia dalam tanaman bahan loloh yaitu senyawa alkaloid, flavonoid, steroid, iridoid, fenolik, polifenol, terpenoid, kumarin, saponin, tanin, karatenoid, dan glikosida yang bermanfaat untuk mengobati penyakit. Pengetahuan etnokimia tersebut dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran kimia di SMK Farmasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: etnokimia, usada taru pramana, loloh, pembelajaran kimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: I Gede Yogiswara
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:40
Last Modified: 24 Jul 2024 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item