Putra, Putu Angga Permana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SD KELAS VI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051011-ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknolog dan informasi pada bidang pendidikan menghasilkan berbagai jenis model media pembelajaran. Salah satu yang kini sering digunakan adalah media pembelajaran berbasis augmented reality. Penelitian ini didorong oleh kesulitan siswa dalam memahami materi abstrak (tidak berwujud fisik) pada pelajaran bangun ruang di matematika kelas VI. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya sebuah media untuk melakukan visualisasi terhadap permasalahan materi bangun ruang yang sulit dipahami ini. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk materi bangun ruang di kelas VI. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian Research and Development (R&D) melalui model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model Luther yang terdiri dari 6 tahap yaitu Concept atau Pengkonsepan, Design atau Desain, Material Collecting atau Pengumpulan Bahan, Assembly atau Perakitan, Testing atau Pengujian dan Distribution atau distribusi. Media Pembelajaran pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun ruang yang berbasis AR untuk siswa Sekolah Dasar kelas VI telah dilaksanakan uji respon pengguna dengan mengacu kepada UEQ yang memiliki 6 (enam) indikator pengukuran dan mendapatkan hasil yang positif diantaranya daya tarik: 2,15; kejelasan: 1,75; efisiensi: 1,68; ketepatan: 1,72; stimulasi: 1,74; kebaruan: 1,84. Secara keseluruhan Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality untuk Siswa SD Kelas VI telah diuji dan mendapatkan respon yang dikategorikan “sangat baik” karena menghasilkan rata-rata diatas 0,8.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bangun Ruang, MDLC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Angga Permana Putra |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:46 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21133 |
Actions (login required)
View Item |