Idelia, Ni Nyoman Dea (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BILANGAN CACAH BESAR KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2013011008-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011008-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011008-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh E-LKPD interaktif berbasis discovery learning dengan karakteristik: 1) E-LKPD interaktif memuat permasalahan kontekstual yang terdapat dalam soal-soal dapat memudahkan siswa untuk mengklasifikasi objek serta memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep bilangan cacah besar 2) E-LKPD memuat interaktivitas yang memberi umpan balik langsung sehingga siswa dapat memperkuat pemahaman dalam menggunakan prosedur tertentu terkait konsep bilangan cacah besar. E-LKPD interaktif dikembangkan dengan model ADDIE meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun untuk tahap implementasi hanya dilaksanakan sampai uji coba terbatas pada satu kelas di satu sekolah saja. Berdasarkan uji validitas media didapatkan rata-rata nilai validitas materi sebesar 4,6 dan rata-rata nilai validitas media sebesar 4,79 dengan kategori sangat valid. Uji coba terbatas menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan N-Gain sebesar 0,59 (sedang) dan praktis dari segi daya tarik, kejelasan, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan (excellent) serta efisiensi (good).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD interaktif, discovery learning, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Dea Idelia |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 15:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 15:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21137 |
Actions (login required)
View Item |