Milala, Natariana Br (2024) ANALYZING READING ACTIVITIES OF MONTESSORI-BASED INSTRUCTION METHOD FOR PRIMARY STUDENTS IN SINGARAJA MONTESSORI SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021114_COVER.pdf Download (906kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021114_ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021114_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021114_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012021114_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021114_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021114_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021114_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021114_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Membaca adalah keterampilan mendasar harus dimiliki oleh siswa, khususnya pembelajar usia dini, karena membaca terlibat dalam berbagai aktivitas pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan membaca apa saja yang menggunakan metode Montessori di Sekolah Montessori Singaraja dan bagaimana guru melaksanakan kegiatan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi kelas, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan model analisis Tematik oleh Braun dan Clarke (2006), yang melibatkan enam langkah: mengenal data, menghasilkan kode awal, mencari tema, mengkaji tema, mendefinisikan tema, dan membuat laporan. Temuannya menunjukkan 5 kegiatan membaca dengan metode Montessori, kegiatan tersebut meliputi phonic knowledge, syllable knowledge, picture cards, reading comprehension, dan reading in the corner. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu pra kegiatan, saat kegiatan, dan pasca kegiatan. Dalam implementasinya, personalized dan self-directed learning digunakan sebagai strategi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Studi ini menyimpulkan kegiatan membaca dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran berbasis Montessori, setiap kegiatan dirancang untuk mendukung perkembangan membaca anak secara bertahap, sesuai dengan prinsip pendidikan Montessori yang menekankan pada pembelajaran mandiri dan eksplorasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Metode Montessori, pembelajar usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Natariana Br Milala |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:09 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21154 |
Actions (login required)
View Item |