THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA TOWARDS FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SPEAKING SKILL

Ningrum, Ida Ayu Fortuna (2020) THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA TOWARDS FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SPEAKING SKILL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021064-COVER.pdf

Download (580kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021064-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021064-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di abad ke-21 ini menuntut guru agar menjadi kreatif dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek gamifikasi berdasarkan cerita lokal dari Bali sebagai media belajar terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris untuk siswa kelas 5 SD. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi- eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Negeri 4 Kaliuntu. Sampel dari penelitian ini adalah 38 siswa kelas 5 SD yang berada pada tahun akademik 2019/2020. Instrumen perlakuan, instrumen pretest posttest dan rubrik penilaian berbicara digunakan sebagai instrumen penelitian ini. Instrumen perlakuannya adalah gamifikasi berdasarkan cerita lokal dari Bali. Instrumen pretest posttest nya yatu dalam bentuk tes keterampilan berbicara. Rubrik penilaian berbicara terdiri dari 5 dimensi keterampilan berbicara. Sampel eksperimental diberikan pretest dan posttest sebanyak enam kali secara berulang. Hasil dari posttest menunjukan pencapaian yang lebih baik dibandingkan hasil pretest. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest siswa lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata pretest (79.95 > 69.97). Hasil pengujian hipotesis (paired sample t-test) menunjukkan bahwa Sig (2-tailed) adalah .000 yang lebih rendah dari 0,05. Itu menunjukkan bahwa ada efek yang signifikan dari penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media pengajaran pada keterampilan berbicara siswa kelas lima. Penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal sebagai media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Cerita Lokal Bali, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Fortuna Ningrum
Date Deposited: 23 Jul 2020 01:57
Last Modified: 23 Jul 2020 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item