AN ANALYSIS OF CODE-MIXING USED BY ENGLISH TEACHERS IN THE TEACHING-LEARNING PROCESS AT SMP NEGERI 1 SUKASADA

Arya Erawati, Ni Putu (2024) AN ANALYSIS OF CODE-MIXING USED BY ENGLISH TEACHERS IN THE TEACHING-LEARNING PROCESS AT SMP NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021201-COVER.pdf

Download (385kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021201-ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021201-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021201-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021201-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) melihat campur kode yang dilakukan dan (2) mencari tahu mengapa guru menggunakan metode ini untuk mengajar Bahasa Inggris. Dua guru Bahasa Inggris digunakan sebagai sumber dalam studi analisis deskriptif yang dilakukan di SMP N 1 Sukasada ini. Ditemukan bahwa Guru 1 mencampur kode dalam kalimat sebanyak 32 kali, sedangkan Guru 2 melakukannya sebanyak 21 kali dalam tipe campur kode intra-kalimat. Kemudian jumlah campur kode inter-leksikal yang berbeda dalam pelajaran mereka di mana guru 1 menggunakan delapan kata dan Guru 2 hanya lima kata. Melibatkan perubahan pengucapan tipe campur kode ketiga. Karena sebagian besar pembicaraan dalam Bahasa Indonesia, guru 1 menggunakan dua (2) ekspresi campur kode dan guru 2 menggunakan tiga (3) ekspresi. Campur kode digunakan di kelas karena guru tahu bahwa siswa akan bingung ketika belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Guru berpikir bahwa menggunakan bahasa ibu mereka, Bahasa Indonesia, di kelas akan membantu siswa memahami pelajaran dengan lebih baik. Kata kunci: Campur Kode, Jenis Campur Kode, Guru Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Campur Kode, Jenis Campur Kode, Guru Bahasa Inggris
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Arya Erawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:58
Last Modified: 26 Jul 2024 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item