WIBAWA, NYOMAN DARMA (2024) PENGARUH INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN BULELENG. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229131011-COVER.pdf Download (157kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229131011-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229131011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229131011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229131011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229131011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229131011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229131011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229131011-LAMPIRAN.pdf Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dalam memediasi digital marketing terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Buleleng. Pasca pandemi Covid-19, ekonomi Provinsi Bali menunjukkan tren peningkatan yang didorong oleh sektor-sektor seperti akomodasi, makan minum (Akmamin), transportasi, perdagangan, dan konstruksi. Namun, pertumbuhan ekonomi masih belum mencapai target yang diharapkan. Dalam konteks ini, sektor UMKM menjadi penting sebagai penggerak ekonomi baru, terutama di Kabupaten Buleleng yang memiliki banyak pelaku UMKM aktif di bidang kuliner, kriya, dan fashion. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 47 UMKM yang telah on-boarding pada marketplace. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap inovasi produk. Selain itu, digital marketing juga berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM. Inovasi produk terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM. Inovasi produk juga mampu memediasi pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran, sehingga menjadi faktor penting dalam meningkatkan efektivitas digital marketing terhadap kinerja pemasaran. Dengan demikian, penelitian ini menekankan pentingnya pemanfaatan digital marketing yang efektif dan inovasi produk yang berkesinambungan untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Buleleng
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2) |
Depositing User: | Nyoman Darma Wibawa |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21585 |
Actions (login required)
View Item |