PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Suyadnya, I Gusti Bagus (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071020_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071020-ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (777kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071020-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya bahan ajar yang mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika kelas X SMA Negeri 1 Tejakula yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen angket digunakan untuk validasi para ahli dan uji kepraktisan. Instrumen tes digunakan untuk pretest dan posttest siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Tejakula dengan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; 1). E-Modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika kelas X SMA Negeri 1 Tejakula berhasil dikembangkan melalui tahapan ADDIE 2). E-Modul dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 92% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 91% (sangat baik), dan ahli desain pembelajaran sebesar 93% (sangat baik). E-Modul dinyatakan praktis dengan hasil review sebesar 96.5% (sangat baik). E-Modul dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji-t dengan taraf signifikansi α = 0.05, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan e-modul. Nilai rata-rata pretest sebesar 65.16 dan nilai rata-rata postest sebesar 80.93. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika kelas X SMA Negeri 1 Tejakula valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Problem Based Learning, Informatika, Berpikir kritis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Gusti Bagus Suyadnya
Date Deposited: 06 Aug 2024 13:26
Last Modified: 06 Aug 2024 13:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21873

Actions (login required)

View Item View Item