Setiawan, Kadek Aldi (2024) Pengembangan E-Modul Materi Bangun Datar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Berpikir Komputasi. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223011009-COVER.pdf Download (553kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223011009-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011009-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223011009-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul materi bangun datar berbasis project based learning dengan bantuan Scratch untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan tiga fase: preliminary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas VII SMP High Scope pada uji coba terbatas, dan pada uji coba lapangan 1 dan 2 di SMP Negeri 5 Denpasar berturut-turut 32 dan 35 peserta didik. SMP High Scope dipilih karena memiliki karakter yang mirip dengan SMP Negeri 5 Denpasar dan sering menggunakan Scratch dalam pembelajaran informatika. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kendala penggunaan e-modul sebelum diuji di lingkungan yang lebih umum. Hasil revisi dari uji coba terbatas kemudian diuji lagi di SMP Negeri 5 Denpasar. E-modul mencakup tujuan pembelajaran, estimasi waktu, dan materi berbasis proyek, dilengkapi dengan video pembelajaran, dan latihan evaluasi. Penilaian e-modul menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan pendidik untuk kepraktisan, serta lembar pre- test dan post-test untuk keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul valid dengan skor 4,00 dan layak. Kepraktisan dari angket respon peserta didik sebesar 75,34% dan pendidik 75,45%. Keefektifan diuji dengan uji t dengan nilai sig 0,00 dan N-Gain skor 0,31 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometri, Komputasi, Emodul |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Kadek Aldi Setiawan |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:13 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21887 |
Actions (login required)
View Item |