Pengembangan E-Modul Materi Bangun Datar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Berpikir Komputasi

Setiawan, Kadek Aldi (2024) Pengembangan E-Modul Materi Bangun Datar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Berpikir Komputasi. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223011009-COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223011009-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011009-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223011009-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul materi bangun datar berbasis project based learning dengan bantuan Scratch untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan tiga fase: preliminary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas VII SMP High Scope pada uji coba terbatas, dan pada uji coba lapangan 1 dan 2 di SMP Negeri 5 Denpasar berturut-turut 32 dan 35 peserta didik. SMP High Scope dipilih karena memiliki karakter yang mirip dengan SMP Negeri 5 Denpasar dan sering menggunakan Scratch dalam pembelajaran informatika. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kendala penggunaan e-modul sebelum diuji di lingkungan yang lebih umum. Hasil revisi dari uji coba terbatas kemudian diuji lagi di SMP Negeri 5 Denpasar. E-modul mencakup tujuan pembelajaran, estimasi waktu, dan materi berbasis proyek, dilengkapi dengan video pembelajaran, dan latihan evaluasi. Penilaian e-modul menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan pendidik untuk kepraktisan, serta lembar pre- test dan post-test untuk keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul valid dengan skor 4,00 dan layak. Kepraktisan dari angket respon peserta didik sebesar 75,34% dan pendidik 75,45%. Keefektifan diuji dengan uji t dengan nilai sig 0,00 dan N-Gain skor 0,31 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Geometri, Komputasi, Emodul
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Kadek Aldi Setiawan
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:13
Last Modified: 07 Aug 2024 07:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21887

Actions (login required)

View Item View Item