PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DI STMIK BANDUNG BALI

Rahayu, Ni Kadek Dwi Trisna (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DI STMIK BANDUNG BALI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071015-COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071015-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif berbasis problem posing bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa, pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Pengembangan produk multimedia ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan mahasiswa STMIK Bandung Bali dengan jumlah 30 mahasiswa. Penelitian pengembangan ini melalui tahap pengujian betha testing yaitu pengujian oleh ahli, dan alpha testing oleh pengguna yaitu mahasiswa dan dosen untuk mengetahui kelayakan dan respon mahasiswa terhadap media pembelajaran Algoritma dan pemrograman. Hasil penilaian betha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Alpha testing diperoleh rata-rata respon mahasiswa uji perorangan sebesar 93,94%, uji kelompok kecil sebesar 91,92%, dan uji lapangan sebesar 90,71%. Hasil pretest sebesar 54.6 dan posttest sebesar 76,7. Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji t dengan taraf signifikansi α=0,05 dan df = 29 diperoleh nilai ttabel = 2,05553. Oleh karena nilai thitung > ttabel (12.105 > 2,05553) dan nilai sig < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa belajar Algoritma dan Pemrograman sebelum menggunakan media pembelajaran dan setelah menggunakan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis problem posing Algoritma dan Pemrograman dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Algoritma, Kolaboratif, Multimedia pembelajaran, Problem posing
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Trisna Rahayu
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:35
Last Modified: 08 Aug 2024 03:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item