Libhi, Komang Sierrafany Surya (2020) THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA TOWARD 5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ WRITING SKILL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021039-ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1612021039-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021039-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efek dari gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media belajar terhadap kemampuan menulis siswa kelas 5 SD. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan one group pre-test post-test. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 kali pertemuan di SDN 1 Banyuning yang berlokasi di Kabupaten Buleleng, Bali. Populasi penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Banyuning dan sampelnya adalah 31 siswa kelas 5 SD pada tahun akademik 2019/2020. Ada dua jenis instrumen yang digunakan yakni; instrumen perlakuan dan instrumen pretest posttest. Instrumen perlakuan yang digunakan yaitu gamifikasi itu sendiri, sedangkan instrumen pretest posttest yang digunakan adalah dalam bentuk tes menulis. Para siswa diberikan pretest dan posttest di setiap pertemuan. Hasil dari pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test siswa lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata pre-test (85.39 > 51.73). Kemudian, hasil dari pengujian hipotesis dengan paired sampe t-test menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (13.533 > 1.796). Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat efek yang signifikan dari penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media mengajar terhadap kemampuan menulis siswa kelas 5 SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gamifikasi, cerita lokal Bali, kemampuan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Sierrafany Surya Libhi |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 00:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 00:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2192 |
Actions (login required)
View Item |