Maharani, Ni Putu Putri Prananda (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITARKU KELAS IV SD NEGERI 8 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031105-COVER.pdf Download (831kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031105-ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031105-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031105-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031105-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun produk Video Pembelajaran berbasis Masalah, (2) mengetahui kelayakan Video Pembelajaran menurut penilaian para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas media video Pembelajaran berbasis Masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). etode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian mengemukan bahwa (1) rancang bangun video pembelajaran berbasis masalah berupa video pembelajaran dalam bentuk link drive dengan menggunakan aplikasi cupcat dan canva. (2) berdasarkan penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 94,23%,ahli desain instruksional memperoleh skor 92,5%, ahli media pembelajaran memperoleh skor 92,85%, uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh skor 95% dan uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 90,27% dengan kualifikasi sangat layak. hasil t_(hitung )= 5,43 untuk t_(tabel )= 2,03 kemudian t_(hitung )dibandingkan dengan t_(tabel )sebesar 2.03 dengan dk = n-1= 33-1 = 32 dan taraf signifikansi 5% =2,03. Dengan demikian, t_(hitung )= 5,43 > t_(tabel ) = 2,03 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata hasil post-tes siswa sebesar 83,82 sedangkan nilai KKTP sebesar 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Video Pembelajaran berbasis masalah efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi Gaya di Sekitar Kita kelas IV semester ganjil di SD Negeri 8 Dauh Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Prananda Maharani |
Date Deposited: | 18 Aug 2024 23:57 |
Last Modified: | 18 Aug 2024 23:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21998 |
Actions (login required)
View Item |