Surasti, Ni Made Kresti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “VOLUME EXPLORER” BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI VOLUME DI KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011026-COVER.pdf Download (848kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011026-ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011026-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Volume Explorer berbasis masalah kontekstual pada materi volume kubus dan balok untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SD. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan menggunakan model analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE), namun pada penelitian ini hanya sampai tahap development. Karakteristik dari media pembelajaran interaktif yang dikembangkan adalah terdapat fitur petunjuk penggunaan media, desain background yang bervariasi untuk menghindari kebosanan, fitur mini game, latihan soal dan quis. Validitas isi atau materi dan media diuji dengan menggunakan instrumen Learning Objects Review Instrument (LORI). Hasil penilaian ahli materi mencapai angka 4.95 dan ahli media mencapai angka 4.71 yang menunjukkan kategori sangat valid. Uji coba media pembelajaran interaktif dilaksanakan terhadap 23 siswa kelas V di SD Negeri 4 Tianyar. Hasil dari evaluasi kepraktisan oleh guru dan siswa dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan rata-rata skor dari aspek daya tarik mencapai 1,88 (kategori excellent), kejelasan sebesar 2,04 (kategori good), efisiensi sebesar 1,73 (kategori excellent), ketepatan sebesar 1,80 (kategori excellent), stimulasi sebesar 1,78 (kategori excellent), dan kebaruan sebesar 1,65 (kategori excellent). Sedangkan, uji efektivitas dilakukan dengan menganalisis skor gain berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil skor gain dan kriteria yang ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa 23 orang siswa memiliki kriteria skor gain sebesar 0,71 (kriteria unggul).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, minat belajar, masalah kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Kresti Surasti |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22078 |
Actions (login required)
View Item |