Budianing, Ni Komang (2024) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS IN GRADE 5th AND 6th AT PELANGI SCHOOL BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021222-COVER.pdf Download (857kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021222-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021222-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021222-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021222-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini, menekankan pada implementasi Project Based Learning (PjBL). Penelitian tentang PjBL sampai saat ini berfokus pada hasil yang diperoleh siswa ketika menggunakan PjBL dan hanya sedikit penelitian yang menyoroti prosedur pelaksanaan PjBL. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan PjBL. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk memotivasi guru agar dapat mengimplementasikan PjBL dengan baik. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan PjBL dan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini dilakukan di sekolah Pelangi yang menggunakan kurikulum internasional, yaitu International Primary Curriculum (IPC) untuk kelas 1-5 dan International Middle Years Curriculum (IMYC) untuk kelas 6. Kurikulum ini menggunakan proyek dalam pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan observasi checklist untuk mengamati bagaimana guru mengimplementasikan PjBL. Peneliti juga melakukan wawancara dengan tiga orang guru untuk memperkuat hasil observasi daftar cek. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 dan kelas 6. Dan berdasarkan hasil penelitian, dalam mengimplementasikan PjBL guru melakukan keenam langkah yang disebutkan oleh fahlevi. Dan dalam pembelajarannya, guru mengalami beberapa tantangan. Beberapa tantangan tersebut adalah mengalami sedikit kesulitan dalam membuat proyek yang menarik bagi siswa, ketidaksesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan waktu yang telah ditentukan, dan mengalami sedikit kesulitan dalam fokus siswa dan pembentukan kelompok. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan strategi yang baik oleh guru. Guru melakukan pendekatan emosional untuk mengatasi masalah pembentukan kelompok. Untuk mengatasi tantangan dalam menemukan ide yang menarik, guru menggunakan modifikasi proyek, uang kas kelas untuk proyek, menggunakan dana media pembelajaran, dan menggunakan sumber-sumber dari sekolah. Tantangan kedua dapat diatasi dengan meningkatkan partisipasi siswa dalam pengerjaan proyek. Dan untuk mengatasi tantangan ketiga, guru menggunakan pengelompokan dan pemberian instruksi langsung Keywords: PjLB, Tantangan, Strategi, Siswa Sekolah Dasar, EFL Teachers,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: PjLB, Tantangan, Strategi, Siswa Sekolah Dasar, EFL Teachers, |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Budianing |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:16 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22189 |
Actions (login required)
View Item |