Siregar, Berliana Gustina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041036-COVER.pdf Download (665kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041036-ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041036-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi ekosistem antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Augmented Reality (AR) (PITBAR) dan dengan model pembelajaran langsung Augmented Reality (AR) (PLBAR) materi ekositem kelas X di SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X di SMA Negeri 1 seririt tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 338 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan pemilihan secara random assignment dan diperolehlah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu X 6 dan kelas kontrol yaitu X 7. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model PITBAR dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model PLBAR dengan jumlah keseluruhan 71 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 butir untuk mengetahui perbedaan penguasaan materi ekosistem. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik ANACOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan rata-rata N-Gain tingkat penguasaan materi kelas PITBAR kategori sedang dan PLBAR kategori rendah. Hasil uji indeks keefektifan (IK) pada kelas PITBAR sebesar 87,8% dan PLBAR sebesar 70%. Uji ANACOVA ditunjukan dengan signifikansi model sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa H0 ditolak, nilai ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan penguasaan materi ekosistem antara PITBAR dan PLBAR.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Augmented Reality, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Berliana Gustina Siregar |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:25 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22253 |
Actions (login required)
View Item |