ENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI VIDEO SCRIBE PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V MIN 1 KARANGASEM

ISMAIL, FAWWAZ ABID NAUFAL (2024) ENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI VIDEO SCRIBE PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V MIN 1 KARANGASEM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1911021030_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021030_ABSTRAK.pdf

Download (946kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911021030_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021030_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021030_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021030_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1911021030_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021030_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe pada muatan pelajaran IPA bagi kelas V MIN 1 Karangasem. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek pada penelitian ini ialah video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe muatan pelajaran IPA. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat validitas video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe merupakan rating scale berupa lembar penilaian media dari ahli/pakar. Hasil penilaian validitas media bersumber dari 2 ahli media pembelajaran serta 1 ahli materi IPA. Data hasil respon dari penggunaan media bersumber dari 20 orang siswa kelas V. Data yang didapatkan lalu dianalisis dengan rumus persentase agar mengetahui skor persentase validitas video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe. Hasil penilaian validitas materi video pembelajaran yakni 90% dengan kualitas sangat baik. Validitas media video pembelajaran yang didapatkan yakni 89% dengan kualifikasi sangat baik. Adapun hasil respon dari 20 peserta didik mendapatkan persentase 96,90% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe muatan pelajaran IPA dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V MIN 1 Karangasem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, video scribe, muatan pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Fawwaz Abid Naufal Ismail
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:05
Last Modified: 15 Nov 2024 01:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item