Supuwiningsih, Ni Nyoman (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PADICREF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1939011022-COVER.pdf Download (490kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1939011022-ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1939011022-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1939011022-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kurangnya inovasi dosen dalam menggunakan media pembelajaran dapat menurunkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa, berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkanlah media pembelajaran berupa e-modul Sistem Informasi Geografis berbasis multimedia menggunakan pendekatan Padicref. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui karakteristik e-modul Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis multimedia menggunakan pendekatan Padicref (Passion, Discovery, Creative and Fun Learning) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar; (2) mengetahui langkah-langkah penggunaan e-modul Sistem Informasi Geografis berbasis multimedia menggunakan pendekatan Padicref. Pengembangan media pembelajaran berupa e-modul ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini melibatkan mahasiswa ITB STIKOM Bali pada mata kuliah Sistem Informasi Geografis semester ganjil 2022-2023 sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan e-modul telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. E-modul dinyatakan valid berdasarkan uji ahli media dan ahli materi. E-modul dinyatakan praktis berdasarkan respon dosen dan mahasiswa sebagai pengguna e-modul. E-modul dinyatakan efektif berdasarkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Karakteristik e-modul dengan menggunakan pendekatan Padicref yaitu: (1) e-modul mudah digunakan karena e-modul memiliki navigasi yang sederhana dan mudah dipahami, menu yang terorganisir dengan baik dan tombol navigasi yang jelas (user friendly); (2) e-modul memiliki instruksi yang jelas sehingga mahasiswa dapat belajar mandiri karena dilengkapi dengan video tutorial, materi online, tugas dan video pembelajaran (self instruction); (3) e-modul memiliki fitur interaktif dalam pembelajaran sehingga dapat membuat mahasiswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran; dan (4) fitur dalam e-modul dilengkapi dengan audio, musik, narasi, dan animasi gambar sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (fun Learning). Langkah-langkah dalam pembelajaran e-modul yang dikembangkan yaitu: (1) dosen dan mahasiswa melakukan aktivasi ke dalam LMS moodle; (2) mahasiswa wajib membaca capaian pembelajaran terlebih dahulu sebelum materi pembelajaran aktif; (3) tampilan materi interaktif dengan memberikan kebebasan mahasiswa dalam memilih materi yang disajikan; dan (4) setelah mahasiswa selesai mempelajari materi maka menu tugas dan kuis secara otomatis aktif untuk dapat dikerjakan oleh mahasiswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan karakteristik dan langkah-langkah pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Padicref mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Kata-Kata Kunci : E-Modul, Sistem Informasi Geografis, multimedia, motivasi belajar, hasil belajar, Pedicref
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Sistem Informasi Geografis, multimedia, motivasi belajar, hasil belajar, Pedicref |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | NI NYOMAN SUPUWININGSIH |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22353 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PADICREF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. (deposited 04 Nov 2024 06:47) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |