Supuwiningsih, Ni Nyoman (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PADICREF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (COVER)
1939011022-COVER.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1939011022-ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1939011022-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1939011022-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kurangnya inovasi dosen dalam menggunakan media pembelajaran dapat menurunkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa, berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkanlah media pembelajaran berupa e-modul Sistem Informasi Geografis berbasis multimedia menggunakan pendekatan Padicref. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui karakteristik e-modul Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis multimedia menggunakan pendekatan Padicref (Passion, Discovery, Creative and Fun Learning) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar; (2) mengetahui langkah-langkah penggunaan e-modul Sistem Informasi Geografis berbasis multimedia menggunakan pendekatan Padicref. Pengembangan media pembelajaran berupa e-modul ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini melibatkan mahasiswa ITB STIKOM Bali pada mata kuliah Sistem Informasi Geografis semester ganjil 2022-2023 sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan e-modul telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. E-modul dinyatakan valid berdasarkan uji ahli media dan ahli materi. E-modul dinyatakan praktis berdasarkan respon dosen dan mahasiswa sebagai pengguna e-modul. E-modul dinyatakan efektif berdasarkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Karakteristik e-modul dengan menggunakan pendekatan Padicref yaitu: (1) e-modul mudah digunakan karena e-modul memiliki navigasi yang sederhana dan mudah dipahami, menu yang terorganisir dengan baik dan tombol navigasi yang jelas (user friendly); (2) e-modul memiliki instruksi yang jelas sehingga mahasiswa dapat belajar mandiri karena dilengkapi dengan video tutorial, materi online, tugas dan video pembelajaran (self instruction); (3) e-modul memiliki fitur interaktif dalam pembelajaran sehingga dapat membuat mahasiswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran; dan (4) fitur dalam e-modul dilengkapi dengan audio, musik, narasi, dan animasi gambar sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (fun Learning). Langkah-langkah dalam pembelajaran e-modul yang dikembangkan yaitu: (1) dosen dan mahasiswa melakukan aktivasi ke dalam LMS moodle; (2) mahasiswa wajib membaca capaian pembelajaran terlebih dahulu sebelum materi pembelajaran aktif; (3) tampilan materi interaktif dengan memberikan kebebasan mahasiswa dalam memilih materi yang disajikan; dan (4) setelah mahasiswa selesai mempelajari materi maka menu tugas dan kuis secara otomatis aktif untuk dapat dikerjakan oleh mahasiswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan karakteristik dan langkah-langkah pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Padicref mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Kata-Kata Kunci : E-Modul, Sistem Informasi Geografis, multimedia, motivasi belajar, hasil belajar, Pedicref
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Sistem Informasi Geografis, multimedia, motivasi belajar, hasil belajar, Pedicref |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | NI NYOMAN SUPUWININGSIH |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22353 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PADICREF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. (deposited 04 Nov 2024 06:47) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |