Suari, Ni Made Ayunda Dwi Candra Pradnya (2024) Pengembangan E-Modul Dengan Masalah Nyata, Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Perbandingan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011042-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011042-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Minimnya sumber belajar yang kreatif cenderung memuat kalimat bacaan dan latihan soal, tetapi tidak memuat pendukung pembelajaran lainnya seperti video pembelajaran, lembar kerja peserta didik dan tidak ada soal evaluasi perbab yang memberikan feedback secara langsung menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kharakteristik dan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari E-Modul dengan masalah nyata untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa pada materi perbandingan yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg and Gall. Tahapan penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang dilakukan dalam penelitian hanya sampai pada 7 tahap penelitian yaitu, (1) tahap potensi masalah dan pengumpulan data, (2) tahap perencanaan produk, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi produk. Hasil dari analisis data valiadasi penelitian ini memperoleh penilaian kriteria kelayakan oleh ahli materi sebesar 94%, dan ahli media sebesar 96%, dengan kriteria sangat layak, sehingga E-Modul yang dikembangkan layak digunakan untuk uji penggunaan. Hasil dari analisis data kepraktisan penggunaan E-Modul memperoleh penilaian 2,54 dengan kategori sangat bagus oleh guru dan 2,33 dengan kategori sangat bagus oleh siswa. hasil dari analisis data keefektifan memperoleh persentase rata-rata skor post-test siswa sebesar 80,07%, sehingga E-Modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran karena persentase skor ≥75%. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditinjau dari skor pre-test dan skor post-test dimana terdapat peningkatan rata-rata nilai sebesar 46,6%, dengan nilai N-Gain sebesar 0,69 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa E-Modul dengan masalah nyata untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perbandingan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Materi Perbandingan, RnD Borg and Gall. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayunda Dwi Candra Pradnya Suari |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:21 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22378 |
Actions (login required)
View Item |