Cahyani, Kadek Putri (2024) PENGGUNAAN YOUTUBE CHANNEL “IDETRIK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IX.F DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2012011004-COVER.pdf Download (884kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012011004-ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012011004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media Youtube untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis teks prosedur siswa di kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan Youtube Channel “Idetrik” dalam pembelajaran teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan dan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,5 (cukup) lalu terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,1 (baik). Terjadi peningkatan sebesar 12,6%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 18,4 (positif) dan pada siklus II sebesar 25,5 (sangat positif). Secara umum, respons siswa terhadap penggunaan Youtube Channel “Idetrik” tergolong positif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media lain yang sesuai dengan pembelajarannya, serta hendaknya guru Bahasa Indonesia menggunakan media ini sebagai salah satu media alternatif yang bisa digunakan saat pembelajaran teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Idetrik, Kemampuan menulis, Teks prosedur, Youtube |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kadek Putri Cahyani |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 01:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22407 |
Actions (login required)
View Item |