Kertahendrawan, Ketut (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI MINI GAME TEKA-TEKI “MIND MYSTERY” UNTUK MELATIH KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015051031-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015051031_ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051031_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051031_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015051031_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051031_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051031_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051031_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015051031_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Sistem pendidikan modern memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, berbeda dengan sistem konvensional yang cenderung monoton. Meskipun demikian, hasil survei PISA 2022 dan observasi peneliti menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam bidang matematika, membaca, dan sains masih rendah, terutama dalam aspek yang membutuhkan computational thinking. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mini game berbasis teka-teki sebagai media pembelajaran inovatif guna melatih keterampilan berpikir komputasional siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan GDLC. Hasil penelitian ini berupa Mini Game Teka-Teki “Mind Mystery” dengan uji respon siswa dan guru menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki respon positif dalam melatih berpikir komputasi untuk siswa sekolah dasar. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan problem solving dan kreativitas siswa melalui berpikir komputasi, serta berkontribusi dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Kata Kunci: berpikir komputasi, game edukasi, mini game, teka-teki, siswa sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir komputasi, game edukasi, mini game, teka-teki, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ketut Kerta Hendrawan |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:01 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22651 |
Actions (login required)
View Item |