Sucipta, Nyoman Adi (2025) “PENGEMBANGAN GAME MAULAT BALI SEBAGAI PENGENALAN SARANA UPAKARA TRADISIONAL BALI UNTUK REMAJA”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015051064-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015051064-ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3-METODELOGI PENELITIAN)
2015051064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015051064-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maulat - ulatan merupakan teknik anyaman tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi di pulau Bali. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan game Maulat Bali sebagai pengenalan sarana upakara tradisional Bali untuk remaja,(2) Untuk mengetahui respon pengguna dalam menggunakan teknologi Game Maulat Bali guna meningkatkan pengetahuan dan tidak menghilangkan tradisi yang ada di bali. Game Maulat Bali Sebagai Pengenalan Sarana Upakara Tradisional Bali Untuk Remaja dikembangkan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Tahapan terdiri dari System Development Life Cycle (SDLC) yaitu requirements planning (rancangan kebutuhan), design workshop (proses desain), implementation (implementasi). Game Maulat Bali telah dikembangkan sebagai alat untuk memperkenalkan upacara tradisional Bali kepada remaja. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa uji ahli materi memperoleh skor 100%, uji ahli media juga mendapatkan nilai 100%, dan uji respon pengguna, yang melibatkan 34 siswa, mencatat persentase 92,35%, yang dinilai sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan game ini diterima dengan sangat baik oleh para responden.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Maulat - ulatan, SDLC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Adi Sucipta |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 09:37 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 09:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22655 |
Actions (login required)
View Item |