“PENGEMBANGAN GAME MAULAT BALI SEBAGAI PENGENALAN SARANA UPAKARA TRADISIONAL BALI UNTUK REMAJA”

Sucipta, Nyoman Adi (2025) “PENGEMBANGAN GAME MAULAT BALI SEBAGAI PENGENALAN SARANA UPAKARA TRADISIONAL BALI UNTUK REMAJA”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051064-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051064-ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3-METODELOGI PENELITIAN)
2015051064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051064-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maulat - ulatan merupakan teknik anyaman tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi di pulau Bali. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan game Maulat Bali sebagai pengenalan sarana upakara tradisional Bali untuk remaja,(2) Untuk mengetahui respon pengguna dalam menggunakan teknologi Game Maulat Bali guna meningkatkan pengetahuan dan tidak menghilangkan tradisi yang ada di bali. Game Maulat Bali Sebagai Pengenalan Sarana Upakara Tradisional Bali Untuk Remaja dikembangkan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Tahapan terdiri dari System Development Life Cycle (SDLC) yaitu requirements planning (rancangan kebutuhan), design workshop (proses desain), implementation (implementasi). Game Maulat Bali telah dikembangkan sebagai alat untuk memperkenalkan upacara tradisional Bali kepada remaja. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa uji ahli materi memperoleh skor 100%, uji ahli media juga mendapatkan nilai 100%, dan uji respon pengguna, yang melibatkan 34 siswa, mencatat persentase 92,35%, yang dinilai sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan game ini diterima dengan sangat baik oleh para responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game, Maulat - ulatan, SDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Nyoman Adi Sucipta
Date Deposited: 24 Dec 2024 09:37
Last Modified: 24 Dec 2024 09:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item