PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN CROISSANT MENGGUNAKAN MODEL 4D PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN KULINER

Krisnawati, Luh Suci (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN CROISSANT MENGGUNAKAN MODEL 4D PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN KULINER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015081005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015081005-ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015081005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015081005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2015081005-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015081005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015081005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015081005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015081005-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tercapainya hasil beIajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tergantung pada keakuratan bahan pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran Croissant siswa Konsentrasi Keahlian Kuliner Fase F KeIas XI di SMKN 1 Sukasada diharapkan mampu memahami materi secara teoritis hingga mampu membuat produk Croissant yang baik. Studi ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan menggambarkan proses pembuatan media video pembelajaran Croissant dengan penerapan model 4D, (2) menilai kelayakan media video pembelajaran Croissant yang memakai model 4D oleh ahli, dan (3) menilai respon siswa Program Keahlian Kuliner terhadap media video pembelajaran Croissant. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a) video pembelajaran Croissant yang dibuat sesuai dengan tahapan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate); (b) evaluasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa produk sangat memenuhi syarat (100%) dan hasil pengujian oleh ahli media & desain pembelajaran menunjukkan produk sangat layak (100%); (c) penilaian respon siswa menunjukkan hasil 90% yang menunjukkan produk sangat layak dan bisa diterima sebagai media pembelajaran khususnya untuk capaian komptensi membuat produk Pastry yang memenuhi kebutuhan dan standar yang berlaku di industri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 4D, Croissant, Video Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Luh Suci Krisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2025 12:43
Last Modified: 06 Jan 2025 12:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item View Item