Tirtayasa, I Komang Agus (2025) THE ANALYSIS OF INTERCULTURAL AND PEACE EDUCATION ENGLISH MATERIALS, FOCUSING ON SPEAKING SKILLS IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021084-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021084-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021084-LAMPIRAN.pdf Download (327kB) |
Abstract
Intercultural education dan Pendidikan Perdamaian menjadi praktik yang umum dalam pengajaran bahasa Inggris, dimana pengetahuan tentang budaya bahasa target menjadi faktor penting dalam pembelajaran yang bermakna. Pengenalan perbedaan budaya sejak dini penting agar siswa dapat berinteraksi dengan berbagai budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dasar dengan metode studi dokumen, yaitu menganalisis buku teks bahasa Inggris di tingkat SMP dari tiga kurikulum berbeda, yaitu KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka. Sampel terdiri dari dua buku per kurikulum untuk memastikan representasi aspek pendidikan antarbudaya dan perdamaian. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan catatan komprehensif guna merekam detail perilaku terkait pendidikan antarbudaya. Data dianalisis dengan teknik Analisis Tematik Induktif untuk mengidentifikasi pola dan tema dalam materi ajar. Hasil menunjukkan bahwa buku dalam kurikulum yang lebih baru memiliki konten yang lebih terintegrasi mengenai toleransi dan resolusi konflik. Buku Kurikulum Merdeka mencakup lebih banyak materi yang memfasilitasi pemahaman antarbudaya dibandingkan kurikulum sebelumnya. Buku-buku KTSP dan Kurikulum 2013 lebih fokus pada aspek bahasa daripada budaya. Jadi, disarankan agar materi antarbudaya dan perdamaian diperluas dalam buku-buku pendidikan nasional di semua jenjang agar siswa semakin terbuka dalam menerima perbedaan. Implementasi yang konsisten pada setiap kurikulum akan membantu siswa menghargai keberagaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan antarbudaya, Pendidikan perdamaian, Buku teks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I KOMANG AGUS TIRTAYASA |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 01:45 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22759 |
Actions (login required)
View Item |