Gunawan, Putu Wahyu (2025) MENGUAK MOTIF DIBALIK INITIAL PUBLIC OFFERING (Studi pada PT Lovina Beach Brewery Tbk). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2329141070-COVER)
2329141070-Cover.pdf Download (845kB) |
![]() |
Text (2329141070-ABSTRAK)
2329141070-Abstrak.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (2329141070-BAB 1 PENDAHULUAN)
2329141070-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text (2329141070-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329141070-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329141070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329141070-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329141070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329141070-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329141070-BAB 5 PENUTUP)
2329141070-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329141070-DAFTAR PUSTAKA)
2329141070-Daftar Pustaka.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (2329141070-LAMPIRAN)
2329141070-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji perjalanan bisnis PT Lovina Beach Brewery Tbk, sebuah perusahaan industri minuman beralkohol (mikol) yang beroperasi di Bali, serta alasan dan motif perusahaan dalam melaksanakan Initial Public Offering (IPO). Fokus utama penelitian adalah aspek sosio-kultural Bali, yang sangat berpengaruh terhadap penerimaan masyarakat lokal dan perjalanan perusahaan sampai memutuskan untuk IPO. Penelitian ini juga mengidentifikasi tiga motif utama dalam pelaksanaan IPO PT Lovina Beach Brewery Tbk, yaitu: (1) motif pendanaan untuk ekspansi dan peningkatan kapasitas produksi, (2) motif peningkatan gengsi perusahaan yang berkaitan dengan penguatan citra dan branding melalui pencatatan saham di bursa, serta (3) motif sinergi dengan sister company dalam grup PAM melalui kepemilikan silang (cross-ownership). Penelitian ini juga membahas penerapan teori legitimasi, di mana perusahaan memanfaatkan IPO untuk mendapatkan pengakuan sosial dan penerimaan masyarakat secara lebih luas, dengan cara memenuhi ekspektasi sosial dan normatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi akademisi dan praktisi tentang strategi IPO di industri mikol dalam konteks budaya lokal serta manfaat IPO dalam memperkuat posisi perusahaan dalam industri yang kompetitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Initial Public Offering, IPO, Motif, Industri Minuman Beralkohol, Legitimasi, Sosio Kultural, Sinergi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Akuntansi (S2) |
Depositing User: | Putu Wahyu Gunawan |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 13:48 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 13:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |