PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMPK 1 HARAPAN DENPASAR

Pratiwi, Ayu Manik (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMPK 1 HARAPAN DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011064-COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011064-ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011064-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa merupakan salah satu dasar untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pembelajaran matematika di sekolah, namun berdasarkan hasil studi penelitian sebelumnya diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPK 1 Harapan Denpasar tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII I yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian yang diberikan pada pertemuan akhir penelitian. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t satu ekor (kanan) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai Sig 0,004 < 0,05 sehingga H_0 ditolak. Ini berarti, kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media interaktif lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PBL, Media Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ayu Manik Pratiwi Tresna Mustika
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:45
Last Modified: 07 Feb 2025 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

View Item View Item