Bajrajnana, I Gusti Agung (2025) PENGEMBANGAN SIMULASI PRAKTIKUM BENGKEL PENGUKURAN TEKNIS BERBASIS AUGMENTED REALITY DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI REKAYASA SISTEM ELEKTRONIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (cover)
1915101020-COVER.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text (abstrak)
1915101020-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (bab 1)
1915101020-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text (bab 2)
1915101020-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 3)
1915101020-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 4)
1915101020-BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 5)
1915101020-BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
![]() |
Text (daftar pustaka)
1915101020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (lampiran)
1915101020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan rancangan dan implementasi dari Pengembangan Simulasi Berbasis Augmented reality Di Program Studi Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika, serta untuk mengetahui hasil dari evaluasi aplikasi AR dari sudut pandang materi dan media. Minimnya pengetahuan mahasiswa akan bentuk dan fungsi dari sebuah komponen elektronika, menimbulkan terjadinya kesalahan dalam melaksanakan praktikum yang berdampak pada alat praktikum yang terbuang. Oleh karena itu perlu adanya pengenalan komponen hingga simulasi bagaimana komponen itu dirakit dengan menggunakan teknologi Augmented reality (AR). Penelitian ini mengunakan metode penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dikembangkan oleh peneliti adalah model pengembangan simulasi praktikum bengkel pengukuran teknis menggunakan teknologi Augmented reality pada platform Android. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan perangkat lunak waterfall , model ini dipilih karena memiliki pendekatan yang sistematis dan berurutan (sekuensial) dan memiliki tahapan-tahapan yang jelas dan mudah dipahami. Model waterfall atau air terjun memiliki 4 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pembuatan kode program atau implementasi dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Uji validasi ahli media yang dapat dilihat dari tiga aspek yaitu aspek desain, aspek media, dan aspek pembelajaran didapatkan bahwa skor maksimal ideal adalah 63, skor minimal ideal adalah 27, dan nilai simpangan baku ideal adalah 6 termasuk kategori “sangat baik”. Dilihat dari uji validasi ahli materi dapat dilihat dalam empat aspek yaitu aspek tujuan pembelajran, aspek materi, aspek umpan balik dan adaptasi, dan aspek motivasi. Dari uji tersebut didapatkan bahwa skor maksimal ideal adalah 46,14, skor minimal ideal adalah 19,86, dan nilai simpangan baku ideal adalah 28,32 termasuk kategori “sangat baik”. Dari hasil uji pengguna di dapatkan bahwa skor rerata aspek Desain pembelajaran mendapatkan skor 4,81 dengan kategori “Sangat Baik”, rerata aspek media bernilai skor 4,68 dengan kategori “Sangat Baik”, rerata aspek materi bernilai skor 4,63 dengan kategori “Sangat Baik”, dan rerata aspek manfaat bernilai skor 4,81 dengan kategori “Sangat Baik”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi Praktikum, Augmented reality, Sistem Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Bajrajnana |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 07:32 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 07:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |