PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI ULAR TANGGA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI

Devi, Ni Luh Putu Ika Sintya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI ULAR TANGGA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329041020-COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041020-ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041020-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukasi ular tangga berbasis android pada muatan pelajaran matematika untuk kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa angket kuesioner, tes uraian, dan lembar observasi. Data validitas media bersumber dari ahli isi/konten pembelajaran matematika SD dan ahli media pembelajaran. Data kepraktisan media berasal dari 12 orang praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Design pada 64 orang siswa kelas IV, yang mana 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan 32 siswa sebagai kelompok eksperimen. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media game edukasi ular tangga berbasis android pada muatan pelajaran matematika untuk kelas IV SD dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek konten pembelajaran matematika SD dan media pembelajaran; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru dan siswa); (3) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Dengan demikian diperoleh hasil bahwa game edukasi ular tangga berbasis android pada muatan pelajaran matematika untuk kelas IV SD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam mengembangkan game edukasi serupa dengan materi dan jenjang pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Android, Berpikir Kritis, Kolaborasi, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Putu Ika Sintya Devi
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:21
Last Modified: 13 Feb 2025 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23237

Actions (login required)

View Item View Item