PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

PAREMARTA, PUTU AGUS (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329041030-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041030-ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (479kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2329041030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2329041030-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041030-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Paremarta, Putu Agus (2024). Pengembangan E-Modul Berorientasi Hots Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha oleh Putu Agus Paremarta, Ida Bagus Putu Arnyana, I Ketut Gading. Kata-kata Kunci: E-modul, Hots, Ipas Tujuan penelitian ialah pengembangan E-Modul Berorientasi Hots dalam peningatakan hasil belajar. Pelaksanaan dari penelitian yang dilakukan tersebut menerapkan dari model 4D (define, design, develope, serta disseminate). Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ialah melalui tes obyektif, wawancara, serta observasi. Setelah data terkumpul kemudian dilanjutkan dengan teknik analissi data yang melalui pengujian tdata kualitatif serta kualitatif. Kemudian dilanjutkan pada uji-t. Hasil temuan dari penelitian ialah E-modul berorientasi HOTS terbukti valid ditinjau berdasarkan media dan materi melalui uji ahli materi dan media dengan memperoleh nilai validitas 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Jadi dapat dikatakan e-modul berorientasi hots yang dikembangkan valid dan layak sebagai sumber belajar. E-modul yang dikembangkan terbukti praktis melalui uji praktisi oleh 10 guru dengan memperoleh nilai sebesar 95,50 yang dilakukan konversi memiliki kategori praktis. Jadi, dapat dikatakan e-modul interaktif praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar. E-modul terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada perhitungan uji t yaitu 8.839> 1.991, kemudian nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 dengan ES didapatkan yaitu 4,31 (Tinggi). Berdasarkan hasil temuan tersebut diambil sebuah simpulan modul elektronok berortientasi HOTS mampu memberikan pengaruh dalam peningkatan hasil belajar yang ditinjau dari keefektivitasan, kepraktisan, serta kevalidan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Hots, Ipas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Agus Paremarta
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:35
Last Modified: 14 Feb 2025 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23294

Actions (login required)

View Item View Item