Yuliastri, Ni Nyoman Ayu (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI MENGWI TAHUN AJARAN 2024/2025. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041052-COVER.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041052-ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041052-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca siswa kelas IV SD gugus VI Mengwi. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian quasi experiment dengan desain penelitian post test only control group design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan angket minat membaca. Data dianalisis dengan menggunakan uji Two Way ANOVA by level. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 155 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yang mengambil sampel siswa kelas IV SD No. 1 Kapal sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 3 Kapal sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig. 0,000. (2) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada siswa dengan minat membaca tinggi yaitu nilai Sig. sebesar 0,000. (3) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada siswa dengan minat membaca rendah yaitu nilai Sig. sebesar 0,045. (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD gugus VI Mengwi. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman yang ditinjau dari minat membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: CIRC, minat membaca, membaca pemahaman, pembelajaran kooperatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ayu Yuliastri |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 05:19 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |