PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DIGITAL MATERI EKOSISTEM BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR

Dewi, I Gusti Agung Ayu Kirana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DIGITAL MATERI EKOSISTEM BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041049-COVER.pdf

Download (441kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041049-ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041049-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun dan menghasilkan media Pop-Up Book digital materi ekosistem berorientasi kearifan lokal Bali untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS siswa kelas V SD yang layak, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan materi dan media menggunakan instrumen penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya, uji kepraktisan dilakukan menggunakan instrumen User Experience Questionnare (UEQ). Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Data prestasi belajar IPAS dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan uji-t satu ekor. Penelitian menemukan beberapa hal seperti berikut. 1) Rancang bangun dari media Pop-Up Book digital ini terdiri dari bagian halaman sampul depan, capian pembelajaran, tujuan pembelajaran, manfaat media, deskripsi media, dan petunjuk penggunaan. Media Pop-Up Book digital ini berisikan materi terkait dengan kearifan lokal Bali, yakni Tumpek Uye dan Tumpek Wariga, berisikan video, ilustrasi gambar yang didukung dengan audio, dan juga kuis interaktif berupa Wordwall. 2) Kelayakan kelayakan meliputi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian serta kegrafikan didapatkan skor rata-rata senilai 3,80 berkriteria layak digunakan. 3) Kepraktisan media Pop-Up Book digital ini diperoleh rata-rata sebesar 2,74 oleh guru dengan kualifikasi sangat praktis sedangkan kepraktisan oleh siswa diperoleh rata-rata sebesar 2,78 dengan kualifikasi sangat praktis. 4) Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t satu ekor (one tailed t-test) untuk uji efektivitas mendapatkan hasil thitung sebesar 7,759 sedangkan ttabel sebesar 1,703, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas V SD menggunakan Pop-Up Book digital berorientasi kearifan lokal Bali di SD No. 3 Kedonganan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media Pop-Up Book digital, kearifan lokal Bali, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gusti Agung Ayu Kirana Dewi
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:43
Last Modified: 14 Feb 2025 06:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23304

Actions (login required)

View Item View Item