Octavyanti, Ni Putu Liana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATERI GAYA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041032-COVER.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041032-ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041032-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar yang memenuhi persyaratan valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validitas materi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Selanjutnya, uji kepraktisan dilakukan menggunakan instrument User Experience Questionnare (UEQ). Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-eksperimen dengan one group pre-test pos-test design. Data mengenai prestasi belajar diperoleh melalui tes prestasi belajar dan dianalisis dengan uji-t satu ekor. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal seperti berikut. 1) Rancang bangun media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web berupa tautan link yang memuat materi yang beragam berupa video pembelajaran, permainan, dan soal evaluasi. 2) Hasil validitas materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid dan hasil validitas media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. 3) Kepraktisan media pembelajaran gaya berbasis web ini diperoleh rata-rata sebesar 2,80 oleh guru dengan kualifikasi sangat praktis sedangkan kepraktisan oleh peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 2,29 dengan kualifikasi sangat praktis. 4) Efektivitas media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web memperoleh hasil thitung sebesar 76,636 lebih dari ttabel sebesar 2,051, artinya implementasi media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital pada materi gaya berbasis web yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: media pembelajaran, media pembelajaran digital berbasis web, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Liana Octavyanti, S. Pd. |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 06:47 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |