PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI GUGUS I GUSTI NGURAH RAI

Ratnasari, Mila (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI GUGUS I GUSTI NGURAH RAI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329041014-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041014-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041014-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai sebanyak 249 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian yang digunakan, yaitu post-test only kontrol group design. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner untuk motivasi belajar dan tes obyektif pilihan ganda untuk hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi belajar pada nilai Sig. 0,001 < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap hasil belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai baik secara simultan maupun terpisah. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, berbantuan canva, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: MILA RATNASARI
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:22
Last Modified: 14 Feb 2025 07:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item