Ratnasari, Mila (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI GUGUS I GUSTI NGURAH RAI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041014-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041014-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041014-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai sebanyak 249 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian yang digunakan, yaitu post-test only kontrol group design. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner untuk motivasi belajar dan tes obyektif pilihan ganda untuk hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi belajar pada nilai Sig. 0,001 < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap hasil belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai baik secara simultan maupun terpisah. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, berbantuan canva, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | MILA RATNASARI |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |