PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDUGAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Eliyanti, Ni Kadek (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDUGAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041044-COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041044-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041044-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Edugame. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya inovasi dalam media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian meliputi angket validasi ahli, angket kepraktisan guru, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas media pembelajaran. Hasil validasi media dengan formula Gregory menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90%, yang dikategorikan sangat tinggi. Validitas ini diperoleh berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media yang menilai bahwa Edugame telah memenuhi standar pedagogik, memiliki konten yang sesuai dengan kurikulum, serta didukung dengan elemen visual dan animasi yang menarik. Kepraktisan media dinyatakan sangat tinggi dengan skor 96%, yang menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan oleh guru dan menarik bagi siswa. Kepraktisan ini didukung oleh tampilan antarmuka yang intuitif, fitur interaktif seperti soal pilihan ganda, aktivitas drag-and-drop, dan simulasi yang membuat pembelajaran lebih dinamis. Dari segi efektivitas, hasil uji menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Rata-rata skor pretest yang awalnya 65,45 meningkat menjadi 88,73 pada posttest. Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam kategori tinggi, yang membuktikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Edugame terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Edugame, pembelajaran interaktif, IPA, motivasi belajar, sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI KADEK ELIYANTI
Date Deposited: 15 Feb 2025 05:27
Last Modified: 15 Feb 2025 05:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item