Sukmawati, A.A. Komang Melia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY TENTANG SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 CANDIKUNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031403-COVER.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031403-ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031403-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031403-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031403-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031403-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031403-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031403-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031403-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media augmented reality tentang sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Candikuning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode dari pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes objektif. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi IPA SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun pengembangan media augmented reality tentang sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI, yang meliputi tahapan analisis, desain dan pengembangan; (2) produk yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 3,9 dengan kualifikasi sangat layak; (3) kepraktisan produk memperoleh hasil penilaian uji siswa sebesar 94% (sangat baik) dan uji guru sebesar 97% (sangat baik); (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkolerasi menunjukan angka 0,000 atau p < 0,05 sehingga media Augmented Reality tentang sistem tata surya efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Candikuning. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media augmented reality tentang sistem tata surya dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Sistem Tata Surya, Hasil Belajar, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | A.A. Komang Melia Sukmawati |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:36 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |