Ardiyanti, Ni Putu Mita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PIRAMIDA MAKANAN AUGMENTED REALITY BERBASIS CODING PADA MATERI IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031333-COVER.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031333-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031333-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (KAJIAN TEORI)
2111031333-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031333-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031333-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031333-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031333-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031333-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa Piramida Makanan Augmented realtiy Berbasis Coding mengenai jaring-jaring makanan, yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan computational thinking siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, dan (5) evaluasi. Subjek dari pengembangan ini adalah media Piramida Makanan Augmented realtiy Berbasis Coding, sedangkan objeknya meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk yang dihasilkan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas produk yang dihasilkan memperoleh nilai rata-rata untuk media sebesar 0,92 dan materi 0,93, yang mengindikasikan produk tersebut sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan uji respon siswa memperoleh skor 90% (sangat baik). (3) uji-t berkolerasi menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 atau p < 0,05, yang menunjukkan bahwa media berupa Piramida Makanan Augmented realtiy Berbasis Coding mengenai jaring-jaring makanan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan computational thinking siswa siswa kelas V SD Negeri 3 Suwug. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang diberikan berfokus pada peningkatan kualitas media pembelajaran dengan lebih menekankan integrasi penggunaan tegnoligi secara mendalam, merancang desain yang interaktif dan ramah anak, serta mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mandiri sekaligus meningkatkan kemampuan berfikir komputasi mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Piramida Makanan, Augmented Reality, Kemandirian Belajar, Computational Thinking, Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Mita Ardiyanti |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 00:06 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 00:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |