Mahayuni, Ni Komang Sari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM IMPLEMENTASI COGNITIVE FLEXIBILITY LEARNING PADA MATERI IPAS ORGAN GERAK HEWAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN DESIGN THINKING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031086-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031086-ABSTRAK.pdf Download (671kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031086-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031086-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031086-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi dalam implementasi cognitive flexibility learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan design thinking belajar siswa kelas v sd. penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahap utama: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, dan (5) evaluasi. subjek penelitian ini adalah video animasi dalam implementasi cognitive flexibility learning, sedangkan objeknya mencakup aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari produk yang dihasilkan. pengumpulan data dilakukan melalui instrumen berupa angket atau kuisioner. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan nilai nilai rata-rata sebesar 0,98 diberikan oleh ahli materi dan 0,98 dari ahli media yang mengindikasikan produk sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan respon siswa mendapatkan skor rata-rata 91%, yang termasuk dalam kategori sangat baik; (3) hasil uji-t berkolerasi menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 atau p < 0,05, yang berarti bahwa video animasi dalam implementasi cognitive flexibility learning pada materi organ gerak hewan efektif dalam meningkatkan kemapuan literasi sains dan design thinking belajar siswa kelas v sd. berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran dengan memperkuat integrasi teknologi secara mendalam, merancang desain yang lebih interaktif dan ramah anak, serta mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk lebih mandiri sekaligus mengasah literasi sains dan design thinking mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video animasi, cognitive flexibility learning, literasi sains, design thinking, model addie. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sari Mahayuni |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:42 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |