Andari, Sabina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031057-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031057-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031057- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DANPEMBAHASAN)
2111031057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031057-LAMPIRAN.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran di SD yang belum optimal, serta kemampuan metakognitif dan motivasi belajar peserta didik di kelas V SDN 5 Kubutambahan yang masih rendah. Penelitian ini mengembangkan game edukatif berbasis etnomatematika menggunakan aplikasi Visual Studio Code pada materi luas bangun datar. Penelitian pengembangan dilaksanakan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 42 orang peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 0,94 dan ahli materi pembelajaran sebesar 0,94 dengan kualifikasi validitas tinggi, skor rata-rata kepraktisan oleh oleh peserta didik sebesar 86% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan analisis tersebut media game edukatif berbasis etnomatematika layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uji-t sampel berkorelasi (Paired Sample T- Test) pengetahuan metakognitif diperoleh signifikansi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Dan hasil uji-t sampel berkorelasi (Paired Sample T- Test) motivasi belajar diperoleh signifikansi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan game edukatif berbasis etnomatematika layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan metakognitif dan motivasi belajar peserta didik kelas V pada materi luas bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: game edukatif, etnomatematika, kemampuan metakognitif, visual studio code, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sabina Andari |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 09:04 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 09:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |