Husniati, Husniati (2025) PENGARUH GROWTH MINDSET, EFIKASI DIRI, MOTIVASI KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SD DI KOTA MATARAM. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2139011031-COVER)
2139011031-Cover.pdf Download (884kB) |
![]() |
Text (2139011031-ABSTRAK)
2139011031-Abstrak.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text (2139011031-BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011031-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text (2139011031-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011031-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2139011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011031-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2139011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011031-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2139011031-BAB 5 PENUTUP)
2139011031-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2139011031-DAFTAR PUSTAKA)
2139011031-Daftar Pustaka.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text (2139011031-LAMPIRAN)
2139011031-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh growth mindset, efikasi diri, motivasi kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru. Penelitian ex-post facto ini dilakukan pada guru SD di Kota Mataram. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.998 guru SD di Kota Mataram. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling random berstrata (stratified proportional random sampling). Penentuan jumlah sampel minimal menggunakan formula Krejcie dan Morgan dan dikoreksi dengan formula Warwich dan Lininger. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 328 guru SD di Kota Mataram. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner model isian tertutup dengan 5 pilihan. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial multivariat teknik Structural Equation Modeling dan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) deskripsi kuantitatif variabel growth mindset, efikasi diri, motivasi kerja, komitmen organisasional, dan kinerja guru berada pada kategori sangat tinggi. (2) model persamaan yang dibentuk dari variabel-variabel memiliki kecocokan model. (3) growth mindset berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (4) growth mindset berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (5) efikasi diri berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (6) efikasi diri berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (7) motivasi kerja berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (8) motivasi kerja berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (9) komitmen organisasional berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (10) growth mindset berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasional, (11) efikasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasional, (12) motivasi kerja berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasional. Temuan penelitian ini bahwa growth mindset, efikasi diri, motivasi kerja dan komitmen organisasional berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru. Direkomendasikan untuk memperhatikan penguatan growth mindset, efikasi diri, motivasi kerja dan komitmen organisasional dalam meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Growth Mindset, Efikasi Diri, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasional, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | HUSNIATI |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 12:15 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 12:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |