PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA BALI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Marheni, Kadek Rizka (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA BALI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031043-COVER.pdf

Download (961kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031043-ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (631kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031043-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat e-modul interaktif, mengetahui kevalidan e-modul interaktif, kepraktisan e-modul dan efektivitas dari e-modul interaktif materi keliling dan luas bangun datar berbasis etnomatematika Bali untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner dan tes (essay). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model ADDIE. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materI matematika. Data dari uji kepraktisan bersumber dari praktisi/guru kelas V dan 10 siswa kelas V SD. Pengujian efektivitas produk dilakukan menggunakan desain one group pretest postest dengan jumlah sampel 23 siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata hasil validitas ahli materi pembelajaran bernilai 4,75 dengan kualifikasi sangat baik, (2) rerata hasil validitas ahli media pembelajaran bernilai 4,35 dengan kualifikasi sangat baik, (3) persentase kepraktisan berdasarkan respon guru bernilai 98% dan kepraktisan berdasarkan respon siswa bernilai 92,6% dengan kualifikasi sangat baik, (4) Hasil uji- t satu sampel menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi berada pada angka 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga produk e-modul interaktif materi keliling dan luas bangun datar berbasis etnomatematika Bali efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V sekolah dasar. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa e-modul interaktif materi keliling dan luas bangun datar berbasis etnomatematika Bali valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : E-Modul Interakif, Etnomatematika Bali, Kreativitas, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Rizka Marheni
Date Deposited: 20 Feb 2025 14:00
Last Modified: 20 Feb 2025 14:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item View Item