Dewi, Ni Made Dyah Permata Setyawati (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL DESA BALI AGA TENGANAN BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MATERI BUDAYA DAERAHKU KELAS V DI SD NO. 2 SEMINYAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031049-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031049-ABSTRAK.pdf Download (669kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text (BABA 2 KAJIAN TEORI)
2111031049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (635kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031049-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan berbasis Tri Hita Karana pada materi budaya daerahku kelas V di SD No. 2 Seminyak, (2) mengetahui kelayakan media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan berbasis Tri Hita Karana pada materi budaya daerahku ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil kelas V di SD No. 2 Seminyak, dan (3) mengetahui efektivitas media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan berbasis Tri Hita Karana pada materi budaya daerahku kelas V di SD No. 2 Seminyak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni berupa angket/kuesioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil peneilitian menemukan bahwa (1) rancang bangun media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan berbasis Tri Hita Karana menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli rancang bangun yang memperoleh skor 91,67% (sangat baik), (2) media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan berbasis Tri Hita Karana dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil penilaian oleh ahli isi pembelajaran yang memperoleh skor 94,64% (sangat baik), ahli desain instruksional yakni 91,67% (sangat baik), ahli media pembelajaran yakni 92,5% (sangat baik), uji coba perorangan yakni 98,3% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil yakni 96,7% (sangat baik), (3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung sebesar 5,676, sedangkan nilai ttabel sebesar pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan dk = n1-1 = 28-1 = 27, diperoleh nilai ttabel 1,703. Hal ini berarti thitung (5,676) > ttabel (1,703), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan kriteria pengujian, jika H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan (5%) antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan Berbasis Tri Hita Karana. Dengan demikiann dapat disimpulkan bahwa produk media audiovisual Desa Bali Aga Tenganan Berbasis Tri Hita Karana efektif untuk diterapkan pada materi budaya daerahku kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan, media audiovisual, Desa Bali Aga Tenganan, Tri Hita Karana, Budaya Daerahku. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dyah Permata Setyawati Dewi |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |