Pengembangan Multimedia Interaktif Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V

Wahyuni, Kadek Ayu (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031118-COVER.pdf

Download (586kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031118-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
2111031118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031118-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan guna meresolusi permasalahan terkait kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif dan interaktif yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan rancang bangun; 2) mengetahui validitas; 3) mengetahui kepraktisan; dan 4) mengetahui efektivitas. Jenis penelitian dan pengembangan (R&D) berdesain One Group Pretest Posttest ini menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini adalah multimedia interaktif game edukasi dengan subjek ujicoba sebanyak 24 siswa kelas V. Objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia interaktif game edukasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh yaitu (1) penelitian ini berhasil menciptakan multimedia interaktif game edukasi berbasis problem based learning pada materi ekosistem; (2) validitas uji materi rata-rata mendapatkan skor sebesar 0,875 dan 1,00 dengan kategori sangat tinggi, kemudian validitas uji media rata-rata mendapatkan skor sebesar 1,00 terkategori sangat tinggi dan 0,625 terkategori tinggi; (3) skor rata-rata praktisi guru sebesar 4,80 dan praktisi siswa sebesar 5,00 terkualifikasi sangat baik; dan (4) uji efektivitas memperoleh hasil sign. (2-tailed) sebesar < 0,001, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya multimedia interaktif game edukasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan multimedia interaktif menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan inovatif sehingga motivasi belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, game edukasi, problem based learning, ekosistem, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Wahyuni
Date Deposited: 25 Apr 2025 00:31
Last Modified: 25 Apr 2025 00:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24015

Actions (login required)

View Item View Item