Iswari, Made Natya Pradnya (2025) THE READINESS AND SATISFACTION OF STUDENTS AND LECTURERS ON USING CHATGPT AS AN ENGLISH LEARNING TOOL IN ENGLISH LITERATURE STUDY PROGRAM OF UDAYANA UNIVERSITY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021151-COVER.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021151-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021151-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021151-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021151-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021151-LAMPIRAN.pdf Download (609kB) |
Abstract
Skripsi ini menyelidiki kesiapan dan kepuasan mahasiswa serta dosen dalam memanfaatkan ChatGPT sebagai alat pembelajaran dalam pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan 259 mahasiswa dan 23 dosen, menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menilai persepsi dan pengalaman mereka dengan ChatGPT. Temuan menunjukkan bahwa baik siswa maupun dosen menunjukkan pandangan positif terhadap integrasi ChatGPT dalam praktik pendidikan mereka, yang ditandai dengan tingkat kesiapan yang cukup siap namun perlu adanya pengembangan menuju siap dalam menggunakan alat tersebut. Mahasiswa menunjukkan kesiapan dalam melakukan fungsi dasar dan menyatakan motivasi untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka melalui AI. Namun, terdapat area yang perlu diperbaiki, termasuk penetapan tujuan dan pembelajaran mandiri. Demikian pula terhadap dosen yang menunjukkan kepercayaan diri dalam mengelola ChatGPT untuk pengajaran, tetapi menyoroti perlunya dukungan dan pelatihan lebih lanjut untuk memaksimalkan potensinya. Analisis tematik tentang kepuasan menunjukkan bahwa meskipun kedua kelompok menghargai fleksibilitas dan efisiensi yang ditawarkan oleh ChatGPT, kekhawatiran tentang ketergantungan berlebihan pada AI dan pentingnya mempertahankan interaksi manusia dalam pendidikan tetap ada. Secara keseluruhan, studi ini menekankan perlunya pengembangan profesional yang berkelanjutan dan panduan terstruktur untuk mengintegrasikan ChatGPT secara efektif ke dalam lingkungan pengajaran dan pembelajaran, yang pada akhirnya meningkatkan hasil pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Kesiapan, Kepuasan, EFL, Alat Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | MADE NATYA PRADNYA ISWARI |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:07 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |